Materi : Ragam Dialog





Ragam dialog adalah cara pengorganisasian  berbagai teknik dialog interaktif yang memungkinkan terjadinya komunikasi antara manusia dengan komputer. Ragam Dialog ini mempunyai tujuan untuk mendapatkan satu kriteria yang sangat penting dalam pengoperasian sebuah program aplikasi, yakni aspek ramah dengan pengguna (user friendly). 
Beberapa sifat penting dari ragam dialog :
a) Inisiatif
Dapat menentukan tipe-tipe pengguna yg dituju oleh sistem yg dibangun.
             
b) Keluwesan
Sistem hrs menyesuaikan diri dgn keinginan pengguna. Keluwesan juga memberi kesempatan pada pengguna utk costumizing sistem.

c) Kompleksitas
kita tidak perlu menggunakan atau membuat antarmuka lebih dari apa yg diperlukan.

d) Kekuatan
Jumlah kerja yg dpt dilakukan oleh sistem utk setiap perintah yg diberikan pengguna, misal : pengguna ahli memberikan respon positif thd perintah2 yg powerful.

e) Beban informasi
Penyajian informasi hrs disesuaikan dgn aras pengguna.

f) Konsistensi
Perintah hrs mempunyai sintaksis yg terstandarisasi dan urutan parameter hrs mempunyai tata letak yg konsisten, format pemasukan data hrs kompatibel.

g) Umpan balik
Setiap aksi dari user harus menghasilkan suatu respon yang dapat diterima dengan baik oleh user. Tujuannya adalah untuk mengurangi ketidakpastian /keraguan user.

h) Observabilitas
Berfungsi secara benar dan nampak sederhana meskipun sebenarnya pengolahan internalnya sangat rumit.

i) Kontrolabilitas
Sistem selalu berada di bawah kontrol pengguna.
j) Efisiensi
Sangat penting jika berpengaruh pada waktu tanggap atau laju penampilan sistem, seringkali dgn menggunakan hasil teknologi baru.

k) Keseimbangan merupakan
Perbedaan antara manusia dan komputer :
Manusia dapat menangani berbagai persoalan yg berurusan dgn perubahan lingkungan, pengetahuan tdk pasti dan tdk lengkap.

RAGAM DIALOG INTERAKTIF
1. Dialog Berbasis Perintah Tunggal
2. Dialog Berbasis Bahasa Pemrograman
3. Antarmuka Berbasis Bahasa Alami
4. Sistem Menu
5. Dialog Berbasis Pengisian Borang
6. Antarmuka Berbasis Ikon
7. Sistem Windows
8. Manipulasi Langsung
9. Antarmuka Berbasis Interaksi Grafis  

Dialog Berbasis Perintah Tunggal : Perintah-perintah tunggal yang dapat dioperasikan biasanya tergantung dari sistem komputer yang dipakai, dan berada dalam domain yang disebut bahasa perintah (command language)
Keuntungan dan Kerugian Penggunaan Dialog Berbasis Perintah Tunggal
Keuntungan
Kerugian
o   Cepat
o   Akurat
o   Efisien
o   Ringkas
o   Luwes
o   Inisiatif oleh pengguna
o   Jelek dalam menangani kesalahan
o   Beban ingatan yang tinggi
o   Membutuhkan penggunaan yang teratur

Dialog Berbasis Bahasa  Pemrograman : ragam dialog yang memungkinkan pengguna untuk mengemas sejumlah perintah kedalam suatu berkas yang sering disebut batch file.

Dialog Berbasis Alami : pengguna menggunakan instruksi-instruksi dalam bahasa alami yang lebih umum sifatnya, pengguna dapat secara bebas memberikan instruksinya dengan kalimat-kalimat yang lebih “manusiawi”.

Sistem Menu : Sistem menu datar adalah sistem menu yang menampilkan semua pilihan secara lengkap. Sistem menu tarik adalah sistem menu yang akan menampilkan pilihan dalam kelompokkelompok tertentu.
Dialog Berbasis Pengisian Borang : Teknik dialog berbasis pengisian borang (form filling dialogue) merupakan suatu penerapan langsung dari aktifitas pengisian borang dalam kehidupan seharihari dimana pengguna akan dihadapkan suatu bentuk borang yang ada di layar komputer  yang mereka gunakan.

DIALOG BERBASIS IKON (Icon-Based User Interface) : ragam dialog yang banyak menggunakan simbol-simbol dan tanda-tanda untuk menunjukkan suatu aktifitas tertentu.

Sistem Penjendelaan : adalah sistem antarmuka yang memungkinkan pengguna untuk menampilkan berbagai informasi baik sendiri-sendiri maupun secara bersama-sama ke dalam bagian-bagian layar yang tidak saling mempengaruhi.

Dialog  Berbasis Interaksi Grafis : keuntungan dan kerugian teknik antarmuka berbasis interaksi grafis sama dengan keuntungan dan kerugian menggunakan manipulasi langsung Contoh : Pada Microsoft Word ketika kursor mendekati suatu ikon akan muncul pesan yang menunjukkan arti ikon tsb.

Source :
1. Elearning Universitas ‘Aisyiyah Yogyakarta
2. Santosa, Insap Interaksi Manusia dan Komputer, Teori & Praktek, Andi Yogyakarta
3. Surbakti, Irfan; Santosa, Insap; Interaksi Manusia Dan Komputer, Edisi Jurusan Teknik Informatika-ITS, 2006
4. Modul interaksi manusia dan komputer



Komentar