Suatu piranti di dalam IMK memungkinkan
komunikasi antara manusia dan komputer melalui beberapa saluran komunikasi
fisik, ada 2 klasifikasinya yakni Piranti masukan (ke komputer) contohnya
keyboard dan Piranti keluaran (dari komputer) contohnya speaker.
1.
Piranti Input
a) Keyboard
Keyboard pertama kali didesain berdasarkan pada rancangan QWERTY dan dikembangkan
pada tahun 1866 untuk mesin ketik. Keyboard akan optimal bilamana tata letak
kunci-kuncinya sedemikian rupa sehingga menyebabkan pergantian jari yang
menekan tombol akan menghasilkan kecepatan yang maksimal namun dengan
ketegangan otot yang minimal. Secara ergonomi, keyboard telah dirancang untuk
mengurangi ketegangan otot jari.
b) Mouse
Sebuah mouse menggabungkan dua operasi penting berbasis layar yakni
kemampuan menggerakkan kursor dan kemampuan memilih suatu obyek pada layar ke
dalam satu piranti.
c) Joystick
Sebuah joystick terdiri dari sebuah tuas yang ditanamkan pada sebuah alas.
Teknologi dasar joystick antara lain pergeseran (gerakan kursor pada layar
sepadan dengan gerakan tuas joystick), daya operasi (tuasnya kaku, namun
ketegangan yang menimbulkan tekanan terhadap tuas dikonversikan pada gerakan
kursor yang tepat pada layar), saklar digital (gerakan yang tidak sepadan dari
tuas dalam 8 arah dideteksi oleh saklar digital di dalam joystick).
Joystick memiliki sifat Kurang akurat dibandingkan mouse, namun hanya
membutuhkan sedikit ruangan Teknologinya kurang dikembangkan dibandingkan
piranti lainnya.
d) Accupoint
Dikenal sebagai G-stick, accupoint adalah miniatur dari joystick yang
diletakkan diantara kunci G dan H pada keyboard. Biasanya dipakai bersama
dengan 2 buah tombol dan fungsinya sama dengan mouse.
e) Trackball
Trackball dapat dilukiskan sebagai gabungan fungsi dari joystick dan mouse.
Terdiri atas dasar yang tetap, yang menyangga sebuah bola. Arah rotasi dan
kecepatan rotasi menentukan arah dan kecepatan dari gerakan kursor pada layar.
Trackball memiliki sifat mudah dipelajari, membutuhkan sedikit ruangan
(seperti joystick), dilaporkan oleh beberapa peneliti bahwa trackball adalah
salah satu piranti penuding yang terefisin (dalam hal ketepatan dan kecepatan).
f) Light Pens
Merupakan pena yang membangkitkan informasi ketika ditudingkan pada layar.
Ketika light pen ditudingkan pada tampilan CRT, sebuah lensa memfokuskan setiap
cahaya yang dipancarkan dari layar menuju sebuah detektor cahaya atau photocell.
g) Touch Screen
Dapat digolongkan dalam panel sensitif sentuhan, cara kerjanya adalah
dengan mengintrupsi matriks berkas cahaya atau dengan mendeteksi adanya perubahan
kapasitansi atau bahkan pantulan ultrasonik.
Touch Screen memiliki sifat mengijinkan koordinasi mata dan tangan secara
alamiah, membutuhkan sedikit atau tanpa tambahan ruang kerja, dapat menyebabkan
kelelahan lengan dengan beban pemakaian yang ekstensif.
Pemilihan Piranti :
Jenis Pekerjaan
|
Piranti Yang Cocok
|
Masukan numerik
|
Tombol numerik
|
Masukan teks
|
Alphanumerik
keyboard (QWERTY)
|
Seleksi obyek
|
Mouse, joystick,
trackball, light pen
|
Manipulasi obyek
|
Mouse, joystick,
trackball, light pen
|
Tracking
|
Mouse, light pen
|
Jika memilih piranti hal yang harus
diperhatikan antara lain pertimbangkan karakteristik dari user sekarang dan
masa datang, cocokkan karakteristik piranti masukan terhadap persyaratan yang
diminta.
Masukan Berbentuk Suara (Voice Input)
Terdapat 2 kategori utama dari piranti
masukan berbentuk suara
-
Piranti-piranti pengenalan kata (word recognition) yang mampu merespon
ucapan-ucapan secara individu atau perintah-perintah yang menggunakan teknik
yang dikenal sebagai speaker verification.
-
Piranti pengenalan kalimat (speech recognition) yang mampu mengenali
hubungan antar kata terucap didalam kalimat atau frase.
2.
Piranti Keluaran
a) Layar Tampilan
Layar tampilan adalah sumber utama informasi dan harus diakui memiliki
keterbatasan dibandingkan kertas. Ada 3 komponen utama, yakni : pengingat
digital (frame buffer), layar penampil dan pengendali tampilan (display
controller).
Ada 2 macam cara penampilan gambar :
1. Vector display, pengingat
digitalnya berisi daftar tampilan dan program tampilan.
2. Raster display,garis, karakter, dan
bentuk-bentuk lain digambar berdasarkan komponen terkecilnya yaitu titik yang
sering disebut pixel.
b) Pedoman Warna
Retina mata manusia tidak sensitif terhadap warna merah dan hijau, oleh
sebab itu informasi yang dimasukkan untuk mencari perhatian tidak menggunakan
warna tersebut (walaupun ada stereotip bahwa merah berarti bahaya atau salah).
Warna kuning dan biru bagus untuk warna-warna periperal. Yang harus diingat
adalah hindari warna dengan tingkat luminansinya rendah untuk orang tua.
Source:
1. Elearning Universitas ‘Aisyiyah
Yogyakarta
Komentar
Posting Komentar