Materi : Piranti Interaktif


Image result for gambar teknologi


Suatu piranti di dalam IMK memungkinkan komunikasi antara manusia dan komputer melalui beberapa saluran komunikasi fisik, ada 2 klasifikasinya yakni Piranti masukan (ke komputer) contohnya keyboard dan Piranti keluaran (dari komputer) contohnya speaker.
1.    Piranti Input
a)    Keyboard
Keyboard pertama kali didesain berdasarkan pada rancangan QWERTY dan dikembangkan pada tahun 1866 untuk mesin ketik. Keyboard akan optimal bilamana tata letak kunci-kuncinya sedemikian rupa sehingga menyebabkan pergantian jari yang menekan tombol akan menghasilkan kecepatan yang maksimal namun dengan ketegangan otot yang minimal. Secara ergonomi, keyboard telah dirancang untuk mengurangi ketegangan otot jari.
b)   Mouse
Sebuah mouse menggabungkan dua operasi penting berbasis layar yakni kemampuan menggerakkan kursor dan kemampuan memilih suatu obyek pada layar ke dalam satu piranti.
c)    Joystick
Sebuah joystick terdiri dari sebuah tuas yang ditanamkan pada sebuah alas. Teknologi dasar joystick antara lain pergeseran (gerakan kursor pada layar sepadan dengan gerakan tuas joystick), daya operasi (tuasnya kaku, namun ketegangan yang menimbulkan tekanan terhadap tuas dikonversikan pada gerakan kursor yang tepat pada layar), saklar digital (gerakan yang tidak sepadan dari tuas dalam 8 arah dideteksi oleh saklar digital di dalam joystick).
Joystick memiliki sifat Kurang akurat dibandingkan mouse, namun hanya membutuhkan sedikit ruangan Teknologinya kurang dikembangkan dibandingkan piranti lainnya.
d)   Accupoint
Dikenal sebagai G-stick, accupoint adalah miniatur dari joystick yang diletakkan diantara kunci G dan H pada keyboard. Biasanya dipakai bersama dengan 2 buah tombol dan fungsinya sama dengan mouse.
e)    Trackball
Trackball dapat dilukiskan sebagai gabungan fungsi dari joystick dan mouse. Terdiri atas dasar yang tetap, yang menyangga sebuah bola. Arah rotasi dan kecepatan rotasi menentukan arah dan kecepatan dari gerakan kursor pada layar.
Trackball memiliki sifat mudah dipelajari, membutuhkan sedikit ruangan (seperti joystick), dilaporkan oleh beberapa peneliti bahwa trackball adalah salah satu piranti penuding yang terefisin (dalam hal ketepatan dan kecepatan).
f)     Light Pens
Merupakan pena yang membangkitkan informasi ketika ditudingkan pada layar. Ketika light pen ditudingkan pada tampilan CRT, sebuah lensa memfokuskan setiap cahaya yang dipancarkan dari layar menuju sebuah detektor cahaya atau photocell.
g)   Touch Screen
Dapat digolongkan dalam panel sensitif sentuhan, cara kerjanya adalah dengan mengintrupsi matriks berkas cahaya atau dengan mendeteksi adanya perubahan kapasitansi atau bahkan pantulan ultrasonik.
Touch Screen memiliki sifat mengijinkan koordinasi mata dan tangan secara alamiah, membutuhkan sedikit atau tanpa tambahan ruang kerja, dapat menyebabkan kelelahan lengan dengan beban pemakaian yang ekstensif.

Pemilihan Piranti :
Jenis Pekerjaan
Piranti Yang Cocok
Masukan numerik
Tombol numerik
Masukan teks
Alphanumerik keyboard (QWERTY)
Seleksi obyek
Mouse, joystick, trackball, light pen
Manipulasi obyek
Mouse, joystick, trackball, light pen
Tracking
Mouse, light pen

Jika memilih piranti hal yang harus diperhatikan antara lain pertimbangkan karakteristik dari user sekarang dan masa datang, cocokkan karakteristik piranti masukan terhadap persyaratan yang diminta.

Masukan Berbentuk Suara (Voice Input)
Terdapat 2 kategori utama dari piranti masukan berbentuk suara
-       Piranti-piranti pengenalan kata (word recognition) yang mampu merespon ucapan-ucapan secara individu atau perintah-perintah yang menggunakan teknik yang dikenal sebagai speaker verification.
-       Piranti pengenalan kalimat (speech recognition) yang mampu mengenali hubungan antar kata terucap didalam kalimat atau frase.

2.    Piranti Keluaran
a)    Layar Tampilan
Layar tampilan adalah sumber utama informasi dan harus diakui memiliki keterbatasan dibandingkan kertas. Ada 3 komponen utama, yakni : pengingat digital (frame buffer), layar penampil dan pengendali tampilan (display controller).

Ada 2 macam cara penampilan gambar :
1.    Vector display, pengingat digitalnya berisi daftar tampilan dan program tampilan.
2.    Raster display,garis, karakter, dan bentuk-bentuk lain digambar berdasarkan komponen terkecilnya yaitu titik yang sering disebut pixel.
b)   Pedoman Warna
Retina mata manusia tidak sensitif terhadap warna merah dan hijau, oleh sebab itu informasi yang dimasukkan untuk mencari perhatian tidak menggunakan warna tersebut (walaupun ada stereotip bahwa merah berarti bahaya atau salah). Warna kuning dan biru bagus untuk warna-warna periperal. Yang harus diingat adalah hindari warna dengan tingkat luminansinya rendah untuk orang tua.


Source:
1.    Elearning Universitas ‘Aisyiyah Yogyakarta

Komentar