Antar Muka Berbasis Menu



    Menu adalah sekumpulan pilihan yang ditampilkan pada layar, setiap menu mewakili Sebuah perintah. Jenis menu ada 3 yaitu Organisasi menu berbasis tugas, Menu tuggal, dan Kombinasi banyak menu. Organisasi menu berbasis tugas terdiri dari single menu, sequential linear menu, simultaneous menus, hierarchical or sequential menu dan connected menu.  Menu tunggal terdiri dari menu binner dan menu tunggal banyak pilihan antara lain menu datar, menu tarik, menu berbasis ikon dan toolbar, menu dengan pilihan yang panjang, menu dan hotlink tertanam dan menu br. Kombinasi menu banyak terdiri dari menu linear, menu serempak, menu berstruktur pohon, peta situs serta jaring menu tak berputar dan berputar.



Struktur menu mendefinisikan tingkat kendali penggunadalam melaksanakan sebuah task (tugas).
a)    Single menu : Menu tunggal memungkinkan pengguna untuk memilih satu dari dua pilihan ataupun sejumlah pilihan.

b)    Menu binner : Hanya boleh memilih satu pilihan dari dua pilihan.
c) Menu datar : Menu berbasis teks konvensional dengan semua menu yang tersedia ditampilkan pada layar.

d) Menu tarik : Menu yang memiliki banyak pilihan, tapi karena keterbatasan ruang pilihan yang ada hanya terlihat pada saat menu utamanya di klik.
e)    Simultaneous menus.

f)    Sequential linear menu.

g)    Menu Berbasis Ikon dan Toolbar : Pada menu berbasis ikon dan toolbar, pilihan dinyatakan sebagai suatu ikon atau toolbar tertentu.

h)    Menu Gulung : Sejumlah pilihan ditampilkan sesuai dengan ukuran daerah kerja tampilan yang dapat digunakan, diurutkan secara alfabetis.
i)    Menu Mata Ikan : Hanya untuk pilihan yang letaknya jauh dari posisi kursor akan ditampilkan dengan font/ikon berukuran kecil sementara yang dekat dengan kursor akan ditampilkan dengan font/ikon berukuran normal.
j)   Menu Dua Dimensi : Pilihan yang tersedia disusun menjadi sejumlah baris dan kolom seperti sebuah tabel, biasanya digunakan untuk perancangan situs Web.

k)    Menu Breadcrumb
l)  Menu Berstruktur Pohon : Menu disusun dan dikelompokan berdasarkan kriteria kriteria tertentu, dengan cara ini akan tercipta sebuah struktur pohon. Sejumlahpilihan dapat dengan mudah dikelompokkan menjadi sejumlah kategori terpisah dengan pembeda yang unik.


Cara Mengorganisir Pilihan
Untuk memudahkan pengguna dalam menggunakan aplikasi yang dibangun. Berupa pengelompokan dan pengurutan pilihan yang tersedia.

Source :
1.    Elearning Universitas ‘Aisyiyah Yogyakarta
2.    Santosa, P. Insap, 2010, Inteaksi Manusia dan KomputerEdisi 2, AndiYogyakarta
3.    Dix, Alan et.al, 2004, Human-Computer Interaction, Prentice Hall
4.    Galitz, W.O., The Essential Guide to User Interface Design : An Introduction to GUI Design, Principles, and Techniques, John Wiley & Sons








Komentar