Pendahuluan IMK (Interaksi Manusia dan Komputer)



    Untuk pengenalan konsep dari IMK atau kepanjangan dari Interaksi Manusia dan Komputer yakni mengenai perubahan teknologi, tantangan bidang IMK, sasaran IMK, peranan IMK yang menyangkut produktivitas, serta efek perancangan IMK yang buruk.
Saat ini perkembangan teknologi sangatlah pesat khususnya untuk penggunaan komputer, hampir setiap saat kita berhubungan dengan teknologi komputer. Tahun 1950 merupakan awal perkembangan komputer saat itu komputer masih sulit dioperasikan, sangat tidak praktis, dan waktu eksekusi sulit diprediksi. Karena banyak faktor penyebabnya sebagai contohnya ukuran yang sangat besar dan harganya sangat mahal sehingga dibandingkan dengan upah buruh yang cukup murah saat itu.

    Untuk perkembangan teknologi komputer dari pertama berkembang hingga saat ini sangat terlihat mengingkat drastis, untuk saat ini penurunan harga komputer yang sangat dramatis, Penggunaan komputer dapat menyebar dengan luas, kehadiran komputer sudah tidak dapat dilepaskan dari dunia bisnis dan industri modern. Perancangan sangat dibutuhkan agar komputer dapat diterima secara luas dan digunakan secara efektif. Hal ini tidak berarti bahwa semua sistem harus dirancang agar dapat mengakomodasi semua orang namun komputer dirancang agar memenuhi kemampuan sesuai dengan kebutuhan pengguna secara spesifik. Pengguna harusnya tidak perlu memikirkan bagaimana cara berinteraksi dengan komputer, tetapi yang penting justru bagaimana mengoptimalkan komputer untuk memenuhi kebutuhannya.
     
     Pengertian dari Interaksi manusia dan komputer ialah disiplin ilmu yang mempelajari suatu hubungan antara manusia serta komputer yang meliputi perancangan, evaluasi, serta implementasi antarmuka pengguna komputer agar mudah digunakan oleh manusia. Interaksi Manusia dan Komputer /IMK memiliki beberapa istilah mulai dari tahun 1970 mulai dikenal dengan istilah Man Machine Interface (MMI), pada tahun 1980an disebut dengan istilah Human Computer Interaction (HCI). Istilah HCI mengisyaratkan bahwa bidang studi ini mempunyai fokus yang lebih luas, tidak hanya sekedar perancangan antar muka secara fisik.

     Keterkaitan IMK Dengan Disiplin Ilmu Lain yakni meliputi prinsip kerja sebuah sistem komputer adalah adanya masukan-proses-keluaran (input –process –output). Untuk konsep input dan output dalam IMK, Komputer terdiri atas beberapa perangkat yang saling berinteraksi untuk berbagai keperluan:
1.           Alat masukan : penulisan dan menunjuk
2.           Alat keluaran : layar, suara
3.           Memori : RAM, hardisk
4.           Prosessor : kecepatan proses, jaringan
Dalam konteks IMK maka perancang terutama harus memahami psikologi manusia, yang merupakan faktor penentu keberhasilan interaksi.
Berikut merupakan gambaran mengenai keterkaitan IMK dengan Disiplin ilmu lain :

Disiplin ilmu IMK =





Source :
1.    Elearning Universitas ‘Aisyiyah Yogyakarta
2.    Santosa, P. Insap, 2010, Inteaksi Manusia dan KomputerEdisi
3.    AndiYogyakarta 2. Dix, Alan et.al, 2004, Human-Computer Interaction, Prentice Hall
4.    Galitz, W.O., The Essential Guide to User Interface Design : An Introduction to GUI Design, Principles, and Techniques, John Wiley & Sons
5.    Jennifer Preece, Yvonne Rogers, and Helen Sharp, 2002 Interaction Design: Beyond Human-Computer Interaction, John Wiley

Komentar